Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together memenuhi KKM pada mata pelajaran matematika, 2) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model Numbered Head Together dengan model pembelajaran ekspositori, 3) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari motivasi tinggi, 4) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together tidak lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari motivasi rendah. Analisis data yang digunakan adalah uji satu proporsi, Rancangan Acak Kelompok (RAK), uji t satu pihak kanan dan uji t satu pihak kiri. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together memenuhi KKM pada mata pelajaran matematika dengan Zhitung = 1,939  2) terdapat perbedaan prestasi belajar yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model pembelajaran ekspositori dengan Fhit = 90,936 3) prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari motivasi tinggi dengan thitung = 4,618 4) prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together tidak lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari motivasi rendah dengan thitung = 5,378

Keywords

Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Prestasi Belajar Matematika Motivasi Siswa

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
  2. Gaspersz, Vincent. 1995. Teknik Analisis Dalam Penelitian Percobaan. Bandung : Tarsito
  3. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
  4. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
  5. Susongko, Purwo. 2016. Penilaian Hasil Belajar. Tegal : Universitas Pancasakti
  6. Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Usman, Husaini. 2011. Pengantar Statistika. Jakarta : PT Bumi Aksara