Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif mencapai target, 2) Keaktifan belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dan begitu juga  prestasi belajar matematika, 3) Ada perbedaan keaktifan  dan prestasi belajar matematika antara peserta didik  yang diajar  model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif dengan model pembelajaran konvensional, 4) Keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada  model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII semester II SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal 2016/2017 yang terdiri atas 328 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas 142 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Instrumen pengamatan dalam bentuk lembar pengamatandantes prestasi dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, Analisis  varian multivariate satu arah, dan dilanjutkan uji t -Hotelling. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar  model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif mencapai target, 2) Keaktifan belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran  Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dan begitu juga prestasi belajar matematika, 3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaranProblem Based Learning dengan pendekatan induktif dengan model pembelajaran konvensional, 4) Keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada  model konvensional

Keywords

Keefektifan Model Problem Based Learning dengan pendektan induktif Keaktifan Prestasi Belajar

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
  2. Damadi , Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta.
  3. Hamalik, Oemar. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA Menuju Profesionalitas Guru & Tenaga Pendidik. Bandung: Sinar Baru Algensindo kecerdasan
  4. Huda Miftahul.2014.Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Susongko, Purwo.2016. Penilaian Hasil Belajar. Tegal : Mahardika.
  5. Maghfiroh, Riska. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran SAVI (Somatic,Auditory,Visualization,Intellectualy) Terhadap Sikap Dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap Materi Kubus dan Balok SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2015/2016)
  6. Maryanto, Al. 2013. Keefektifan Strategi Induktif dan Strategi Deduktif dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Prestasi belajar dan Motivasi Belajar IPA Siswa SMP. Online. http://www.uny.ac.id/sites/default/file/penelitian/Allesius%20Maryanto,%20M.Pd./keefektifan%20Strategi%20Deduktif%20&%20Induktif.pdf. (diunduh 8 November 2016).
  7. Rosyiawati, Anna. 2016. “Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based learning dengan pendekatan saintifik ditinjau dari Gaya Belajar Terhadap Matematika pada Materi Pokok peluang”. Disertai Universitas Pancasakti TegalTrianto.2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana.
  8. Shoimin, Aris. 2014.68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
  9. Susongko, Purwo..2014. Pengantar Metodelogi Pendidikan. Tegal : Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal.
  10. Susongko, Purwo.2013. Penilaian Hasil Belajar. Tegal : Badan Penerbitan Universitas Pancasati Tegal.