Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal ulangan tengah semester genap. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Islam Terpadu Warungpring Kabupaten Pemalang. Dengan subjek penelitian berjumlah 6 peserta didik dari kelas X Akuntansi. Obyek penelitian ini adalah kemampuan pemahaman matematis dalam menyelesaikan soal Ulangan Tengah Semester Genap. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan model milles and huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini adalah dengan dokumentasi. Dokumentasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar jawab hasil ulangan tengah semester genap peserta didik kelas X Akuntansi SMK Islam Terpadu Warungpring, Pemalang Tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kemampuan pemahaman matematis pada peserta didik kelas X Akuntansi masih tergolong dalam pada kemampuan tingkat rendah, hal ini ditunjukan karena masih banyaknya kegiatan mengingat dan menerapkan rumus secara rutin dan terhitung secara sederhana dalam kasus serupa. Dan  berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal ulangan tengah semester masih terdapat banyak kekeliruan indikator pemahaman matematis khususnya pada indikator mendefinisikan konsep secara verbal dan tulisan, mengubah model, diagram dan simbol-simbol untuk mempresentasikan suatu konsep, serta dalam mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep dan mengenal syarat menentukan suatu konsep. peserta didik dapat membentuk model matematika, namun masih ada beberapa yang kesulitan dalam melakukan perhitungan dan kesalahan dimana peserta didik belum mampu mengubah dan mempresentasikan suatu konsep dengan tepat.

Keywords

Analisis kemampuan pemahaman matematis Soal ulangan tengah semester

Article Details

References

  1. Auliya, N.R. (2016). “Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis”. Jurnal Formatif. 6, (1), 15.
  2. Hendriana,Heris dan Utari Soemarmo. 2017. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
  3. Kartana,Tri Jaka. 2017. Kurikulumdan Pembelajaran Pendidikan. Cetakan Pertama. Tegal: Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) LIMAMEDIA.
  4. Karim, Abdul, and Arfatin Nurrahmah. "Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Bilangan." Jurnal Analisa 4.1 (2018): 24-32.
  5. Kartika, Yuni. "Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar." Jurnal Pendidikan Tambusai 2.4 (2018): 777-785.
  6. Lestari,Eka Karunia dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Cetakan Kedua. Bandung: PT Refika Aditama.
  7. Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  8. Rosa Asnila. 2015. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep dan Diposisi Matematis Siswa, TAPM. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Terbuka.
  9. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan Ke-25. Bandung: ALFABETA
  10. Susongko,Purwo. 2017. Penilaian Hasil Belajar. Tegal: Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal
  11. Tianingrum, R., & Sopiany, H. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. In Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (SESIOMADIKA) (pp. 440-446).
  12. Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).
  13. Oktoviani, V., Widoyani, W. L., & Ferdianto, F. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 39-46. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6346.