Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Mempelajari Materi Statistik Kelas XI AP 3 SMK Negeri 1 Slawi Semester Genap melalui Pendekatan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Realita
Main Article Content
Abstract
Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan minat siswa kelas XI AP 3 SMK Negeri 1 Slawi semester genap tahun pelajaran 2015/2016 (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas XI AP 3 SMK Negeri 1 Slawi semester genap tahun pelajaran 2015/2016. (3) perubahan perilaku siswa kelas XI AP 3 SMK Negeri 1 Slawi semester genap tahun pelajaran 2015/2016, pada saat mengikuti pembelajaran statistika melalui model pembelajaranInkuiri berbasis realita.Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Slawi. Subjek penelitian ini adalah kelas XI Ap 3 dengan jumlah siswa 32 orang . Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 pada Januari sampai dengan bulan Juni 2016. Penyusunan instrumen dilaksanakan pada Januari. Bulan Februari sampai dengan bulan April untuk pengumpulan dan analisis data. Bulan Mei dan Juni untuk penyusunan laporan. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Tes Tertulis. (2) Observasi dan angket. (3). Wawancara(4). Dokumentasi. Simpulan PTK ini adalah sebagai berikut (1) Penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis realitadapat meningkatkan minat siswa. (2) Penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis realita dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI AP3 SMK Negeri 1 Slawi dalam materi statistik
Article Details
References
Kasmina, Toali.2012. Matematika untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Subyantoro, M.Hum. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Prenada Media Group.