Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Mempelajari Materi Statistik Kelas XI AP 3 SMK Negeri 1 Slawi Semester Genap melalui Pendekatan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Realita

Main Article Content

Haryati Haryati

Abstract

Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan minat siswa kelas XI AP 3 SMK Negeri 1 Slawi semester genap tahun pelajaran 2015/2016 (2) peningkatan hasil belajar siswa  kelas XI AP 3 SMK Negeri 1 Slawi semester genap tahun pelajaran 2015/2016. (3)  perubahan perilaku siswa kelas XI AP 3 SMK Negeri 1 Slawi semester genap tahun pelajaran 2015/2016, pada saat mengikuti pembelajaran statistika melalui model pembelajaranInkuiri berbasis realita.Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Slawi. Subjek penelitian ini adalah kelas  XI Ap 3 dengan jumlah siswa 32 orang . Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 pada  Januari sampai dengan bulan Juni 2016. Penyusunan instrumen dilaksanakan  pada  Januari. Bulan Februari  sampai dengan bulan April  untuk pengumpulan dan analisis data. Bulan Mei dan Juni untuk  penyusunan laporan. PTK ini dilakukan dalam  2 siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)  Tes Tertulis. (2)  Observasi dan angket. (3). Wawancara(4). Dokumentasi. Simpulan PTK ini adalah sebagai berikut (1) Penggunaan model pembelajaran  inkuiri berbasis realitadapat meningkatkan  minat siswa. (2) Penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis realita  dapat  meningkatkan hasil belajar  siswa kelas XI AP3 SMK Negeri 1 Slawi dalam materi statistik

Article Details

Section
Articles

References

Depdiknas RI.2008. Rancangan Penilaian Hasil Belajar.Jakarta: Depdiknas..
Kasmina, Toali.2012. Matematika untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Subyantoro, M.Hum. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Prenada Media Group.