Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Pendektan Induktif Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran TGT denganPendekatan Induktif mencapai nilai target, 2) Keaktifan belajar matematikamengggunakan pembelajaran TGT dengan Pendekatan Induktif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar matematikamengggunakan pembelajaran TGT dengan Pendekatan Induktif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, 4) Adanya perbedaan model pembelajaran TGT dengan Pendekatan Induktif dengan pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika, 5) Model pembelajaran TGT dengan Pendekatan Induktif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A, VII B, VIIC, VII D, dan VII G SMP Negeri 1 Pagerbarang Kabupaten TegalTahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 185peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, uji MANOVA ONE-WAY dan uji Ʈ2 Hotelling.Dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Lilliefors dan Bartlett.Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran TGT denganPendekatan Induktif mencapai nilai target, 2) Keaktifan belajar matematikamengggunakan pembelajaran TGT dengan Pendekatan Induktif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar matematikamengggunakan pembelajaran TGT dengan Pendekatan Induktif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, 4) Adanya perbedaan model pembelajaran TGT dengan Pendekatan Induktif dengan pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika, 5) Model pembelajaran TGT dengan Pendekatan Induktif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika
Article Details
References
Fathurrohman, Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakartan : Penerbit Teras.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksar
Hamadani. 2011. Stategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jekson, Sidaluwu. 2015. Penggunaan metode permainan dalam pembelajaran ipa untuk Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas vii smpn 1 lemboraya. Online. http://Media-Litbang-Sulteng-Volume-VIII-Edisi-1-2015.com/2015/.html. (7 November 2016)
Maryanto, Al. 2013. Keefektifan Strategi Induktif dan Strategi Deduktif dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Prestasi belajar dan Motivasi Belajar IPA Siswa SMP. Online. http://www.uny.ac.id/sites/default/file/penelitian/Allesius%20Maryanto,%20M.Pd./keefektifan%20Strategi%20Deduktif%20&%20Induktif.pdf. (diunduh 8 November 2016).
Mita Ratnasari. 2016. Efektifitas hasil geografi materi sumber daya alam (sda) Menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation (gi), student teams achievement divisions (stad), dan Ceramah pada siswa kelas xi ips sma negeri 1 ponorogo. OnlineVol. 2, No. 1, 11 halamanhttp://ipi431018.com/2016/.html. (7 November 2016)
Niharini, Dewi. 2008. Matematika konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Pembukuan, Departemen Nasional
Kartana. 2011. Manajemen Pendidikan, Tegal : Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal
Ponoharjo. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Tegal : Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal.
Priansa, Donni Juni. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran Bandung : Penerbitan Alfabeta
Rizki, Aeni. 2013. Model pembelajaran teams games tournment Online http://akhmuhammadarifin.blogspot.co.id/2013/06/model pembelajaran-team-games.htm (7 November 2016)
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sukma, Ade Indra. 2014. “Keefektifan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika”. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.
Susongko, Purwo. 2012. Penilaian Hasil Belajar, Tegal : Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal
Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana
Vincent. 2005. Teknik Analisis Dalam Penelitian Percobaan. Bandung: Tarsito.
Wagiyo, A. 2008.Pegangan Belajar Matematika. Jakarta: Pusat Pembukuan, Departemen Nasional.