Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung serta untuk mengetahui manakah yang lebih efektif model pembelajaran kooperatif tipe NHT atau model pembelajaran langsung.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa pilihan ganda. Pengujian instrumen yang digunakan berupa uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat analisis adalah uji normalitas dengan rumus Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengan rumus uji bartlett dan uji hipotesis menggunakan uji-t dua pihak dan satu pihak.Berdasarkan hasil analisis pada taraf signifikan α=5% dan derajat kebebasan = 48 diperoleh  maka diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, serta model pembelajaran kooperatife tipe NHT tidak lebih efektif dari model pembelajaran langsung.

Keywords

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar.

Article Details

References

  1. Fajriyati, Rizka, dkk.2019.Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Numbered Head Togteher (NHT) terhadap Prestasi Belajar.Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.1 (4). 56-66.
  2. Muin, Mirnawati, dkk.2017.Perbedaan Hasl Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas VII SMP Negeri 14 Palu.Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako.4 (3).351-357.
  3. Natalia, Firosalia Kristin dan Indri Anugraheni.2019.Perbedaan Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SD Gugus Joko Tingkir.Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.2 (1) 1-11.
  4. Ruslan, Haryati, dkk.2017.Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Diagram Venn dan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Model Pembelajaran Kooperatf Tipe NHT dan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas VII MTs Alkhairaat Bobo.Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako.5 (1).37-44
  5. Shoimin, Aris.2014.68 Model Pembelajran Inovatif Dalam Krikulum 2013.Yogyakarta:Ar-ruzz Media.
  6. Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.
  7. Suprijono, Agus.2013.Cooperatif Learning: Teori & Aplikasi Paikem.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
  8. Yurniwati.2015.Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kpneksi Matematis Siswa kelas IV SDN se Jakarta Timur.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.Yogykarta: Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.