Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Pokok Himpunan

Main Article Content

Chaqqul Vitri
Eleonora Dwi Wahyuningsih
M. Shaefur Rokhman

Abstract

Prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal sebagian masih ada yang belum mencapai nilai KKM. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik untuk lebih aktif. Upaya yang dapat digunakan adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Adanya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan model pembelajaran konvensional, 2) model pembelajaran manakah yang lebih baik antara model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dibandingkan model konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau pada motivasi belajar tinggi, 3) pembelajaran manakah yang lebih baik antara model pembelajaran konvensional dibandingkan model Student Facilitator And Explaining terhadap prestasi belajar matematika ditinjau pada motivasi belajar rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester II SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri atas 365 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling purposive yang akan diambil kelas dengan guru yang sama kemudian dilanjutkan cluster random sampling yang terdiri atas 181 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok)  serta  uji – t satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%.  Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Terdapat perbedaan prestasi belajar yang diajar model pembelajaran Student Faacilitator And Explaining dengan model pembelajaran konvensional, 2) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar tinggi, 3) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining lebih baik atau sama dengan  model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar rendah

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi . 2013 . Prosedur Penelitian . Jakarta : Rineka Cipta.
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ifayani. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Sikap dan Prestasi Belajar Matematika. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.
Ponoharjo. 2015 . Penelitian Pendidikan Matematika . Makalah Mata Kuliah Penelitian. Tegal : Universitas Pancasakti.
Pramesti, Cicik . 2012 . Implementasi Model Facillitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Cakrawala Pendidikan . Online . Vol. 14 (1), 10 halaman . http://skkippgri-blitar.ac.id . (03 November 2016)
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Sanjaya, Wina. 2010 . Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta : Kencana.
Shoimin, Aris. 2014 . 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar – ruzz Media.
Sudjana, nana. 2005. Metode Statistika. Bandung : PT. Tarsito Bandung.
Sudjana, Nana. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukino dan Wilson Simangunsong. 2007. Buku Ajar Matematika Kelas 7. Jakarta: Erlangga.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif. Jakarta: Rajawali Pers.
Uno, Hamzah B. 2016 . Teori Motivasi dan Pengukurannya . Jakarta : Bumi Akasara.
Usman, Husaini. 2011. Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara.