Main Article Content

Abstract

Sebagian besar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tegal mempunyai kemampuan memecahkan masalah matematika yang rendah. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika dan melibatkan peserta didik lebih aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan: (1) Adanya perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan model problem posing tipe pre solution posing dengan model konvensional, (2) Kemampuan memecahkan masalah matematika peserta didik yang diajar model problem posing tipe pre solution posing lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri atas 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan 2 kelas sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan menetapkan taraf signifikansi 5% adalah uji-t dua arah dan uji-t satu pihak kanan, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan model problem posing tipe presolution posing dengan model konvensional, (2) Kemampuan memecahkan masalah matematika peserta didik yang diajar model problem posing tipe pre solution posing lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran konvensional

Keywords

Problem Posing Pre Solution Posing Pemecahan Masalah

Article Details

References

  1. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakrta: Pustaka Belajar.
  2. Omposunggu, Vera Dewi Kartini. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa SMO Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing.
  3. Purwosusilo. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Melalui Strategi Pembelejaran React (Studi Eksperimen Di SMK Negeri 52 Jakarta)
  4. Sugiono.2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  5. Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Sinar Grafika Offset.
  6. Wena, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang: PT Bumi Aksara.