Efektifitas Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Pendekatan Deduktif Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika

Main Article Content

Laeli Trimulyani
Isnani
M. Shaefur Rokhman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Deduktif telah mencapai target, 2) model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Deduktif lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar matematika 3) model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Deduktif lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika 4) ada perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika antara peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Deduktif dengan pembelajaran konvensional, 5) model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Deduktif lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika.Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten TegalTahun Pelajaran 2016/2017 terdiri atas 9 kelas sebanyak 257peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknikCluster Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik  kelas  XI IPS 4 dan XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPS 2 dan XI IPS 5 sebagai kelas kontrol.Metode pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi, tes, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen telah teruji validitas dan reabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji analisis varians multivariat satu arah  dan -Hotteling.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Deduktif telah mencapai target, 2) model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Deduktif lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar matematika, 3) model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Deduktif lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, 4) ada perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika antara peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Deduktif dengan pembelajaran konvensional, 5) model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Deduktif lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah dan Zain, Aswan . 2013. Strategi Belajar Mengajar .Jakarta : Rineka Cipta.
Gaspersz,Vincent.1995.Teknik Analisis Dalam Penelitian Percobaan.Bandung: Tarsito
Hamalik, Oemar .2013. Proses Belajar Mengajar .Jakarta : Bumi Aksara
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Handayani, N.L.E.S, Ida Bagus Ketut Perdata. 2014 ” Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran QT dengan Kerangka Tandur Dalam Pembelajaran Bangun Segi Empat pada Siswa Kelas VII C SMP pancasila Canggu Tahun Pelajaran 2011/2012 ” Jurnal Santiaji Pendidikan. 1 (4), 2087-9016.
Ifadah, Nurul.2015. Keefektifan Model Pembelajaran Snowball Thworing Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika. (Studi penelitian pada peserta didik kelas VII semester genap di SMP N 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015).Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.
Nurastrianto E.A. 2009 “ Efektifitas Model Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009) ”. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.
Kurnianingsi, Siti. 2011 “Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bojong Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.
Priyanti, A.P. 2016 ” Keefektifan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Prestasi Belajar Matematika Berdasarkan Kemampuan Awal Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2015/2016 pada Materipokok Segitiga ” Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Putriyani, Marina. 2010.” Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended ” Jurnal matematika. 2337-3253
UPS Tegal. 2016. Pedoman Penyusunan Skripsi. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.
Winarso,Widodo. 2014. ” Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi melalui Pendekatan Induktif, Deduktif dan Induktif-Deduktif dalam Pembelajaran Matematika” Tadris Matematika 2(3), 2086-3918.