Keefektifan Coorperative Learning Tipe Student Team Achievement Division Dengan Quipper School Terhadap Aktivitas Belajar
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division Dengan Penugasan Menggunakan Quipper School lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Taman Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen, dua kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik analisis data menggunakan uji one way manova dan uji t pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division Dengan Penugasan Menggunakan Quipper School lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika.
Article Details
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Halim Fathani, Abdul. 2014. Matematika Hakikat dan Logika. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Praptiwi, Jeffry H. 2012. Efektivitas Metode Kooperatif Tipe Gi dan STAD Ditinjau Dari Kemampuan Awal. http://journal.ikippgrimadiun.ac.id/sju/index.php/usej. (10 November 2016)
Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : PT Tarsito.
Sugiyono, Dr, Prof. 2016.
Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R & D. Bandung :
Alfabeta.
Susongko, Purwo. 2013. Penilai Hasil
Belajar. Tegal : Badan Penerbit
Universitas Pancasakti.
Susongko, Purwo. 2014. Pengantar
Metodologi Pendidikan. Tegal :
Badan Penerbit Universitas
Pancasakti.
Trianto. 2009. Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif Progresi.
Edisi Pertama. Jakarta :
Kencana.
Vandini, Intan. 2015. Peran
Kepercayaan Diri Terhadap
Prestasi Belajar