KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Main Article Content

Fatkhurozi Fatkhurozi
Suwandono Suwandono
Paridjo Paridjo

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuktikan: (1) Keaktifan belajar peserta didik yang diajar menggunakan model  Course Review Horray  lebih baik daripada menggunakan model ekspositori, (2) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Course Review Horray  lebih baik daripada menggunakan model ekspositori, (3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Course Review Horray dengan yang menggunakan model ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes dengan jumlah populasi 210 peserta didik dari enam kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan  adalah (1) uji t pihak kanan pada hipotesis 1 dan 2, (3) uji manova one-way pada hipotesis 3. Dimana sebelumnya data berdistribusi normal dan homogen.Hasil penelitian pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Brebes dapat disimpulkan : (1) Keaktifan belajar peserta didik yang diajar menggunakan model  Course Review Horray  lebih baik daripada menggunakan model ekspositori, (2) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Course Review Horray  lebih baik daripada menggunakan model ekspositori, (3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Course Review Horray dengan yang menggunakan model ekspositori.

Article Details

Section
Articles