Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada perbedaan keaktifan antara Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Ada perbedaan prestasi belajar antara Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 4) Model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X semester II SMK NU 01 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 121Siswa. Dari populasi diambil sampel yang berjumlah 62 Siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji t satu pihak kanan, MANOVAdan uji 2 – Hotelling.sebagai prasyarat analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Liliefors dan populasi memiliki variansi yang homogen menggunakan uji Bartlet. Hasil penelitian diperoleh thitung = 2,031>1,70 sehingga hipotesis 1 H0 ditolak. thitung = 4,318 > 1,70 sehingga hipotesis 2 H0 ditolak.  = 0,737 < 0,852 sehingga hipotesis 3 H0 ditolak,  = 7,188 > 6,413 sehingga hipotesis 4 H0 ditolak. Hasil penelitian yang dilakukan pada Siswa kelas X semester II pokok bahasan Program Linear SMK NU 01 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2016/2017 menyatakan bahwa :    1) Ada perbedaan keaktifan antara Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Ada perbedaan prestasi belajar antara Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 4) Model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika.

Keywords

Two Stay Two Stray Keefektifan

Article Details