Keefektifan Model Pembelajaran Example Non Example dengan menggunakan CD Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model Example Non Example dengan menggunakan CD Pembelajaran dengan model Ekspositori.Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling siswa kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen, dan dua kelas sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliebilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan anava dua arah dan uji t pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat hipotesis terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan model Example Non Example dengan menggunakan CD Pembelajaran dengan model ekspositori terhadap prestasi belajar matematika sehingga didapat prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan proses pembelajarannya menggunakan model Example Non Example dengan menggunakan CD pembelajaranlebih efektif daripada yang menggunakanmodel ekspositori dan prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah dengan proses pembelajarannya menggunakan model ekspositori lebih efektif daripada yang menggunakan Example Non Example dengan menggunakan CD pembelajaran