Main Article Content
Abstract
Prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Pemalang sebagian masih ada yang belum mencapai nilai KKM. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik untuk lebih aktif. Upaya yang dapat digunakan adalah penerapan model pembelajaran Example Non Example. Kemudian untuk membantu peserta didik dalam memahami materi, model pembelajaran dibantu berupa media papan cacah gori. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) adanya perbedaan antara prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Example Non Exampleberbantuan media papan cacah gori dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari aktivitas belajar, (2) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Example Non Exampleberbantuan media papan cacah gori lebih baik daripada prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari aktivitas belajar tinggi, (3) apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Example Non Exampleberbantuan media papan cacah gori tidak lebih baik daripada prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari aktivitas belajar rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri atas 300 peserta didik. Sampel terdiri dari 190 peserta didik, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen, dua kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan RAK (Rancangan Acak Kelompok) dan uji t pihak kanan dan kiridengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran example non example berbantuan media papan cacah gori dengan model ekspositori ditinjau dari aktivitas, (2)prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran example non exampleberbantuan media papan cacah gorilebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari aktivitas tinggi, (3) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran example non exampleberbantuan media papan cacah gori lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari aktivitas rendah.