Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMK dalam menyelesaikan soal Programme For International Student Assessment (PISA). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yaitu 2 siswa dari masing-masing tingkat kemampuan literasi matematika tinggi, sedang, dan rendah  pada  kelas X Akuntansi yang berusia 15 tahun di SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal tahun ajaran 2021/2022. Konten yang digunakan dalam penelitian ini adalah konten perubahan dan hubungan materi matriks. Konteks  yang digunakan merupakan konteks pribadi. Subjek dengan kemampuan literasi matematika tinggi dapat mengerjakan soal sampai dengan level 5, subjek dengan kemampuan literasi matematika sedang dapat mengerjakan soal sampai dengan level 4, dan subjek dengan kemampuan literasi matematika rendah dapat mengerjakan soal sampai dengan level 2

Keywords

Literasi Matematika PISA

Article Details

References

  1. Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-2.
  2. OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD.
  3. Sari, R. H. N. (2015b). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?
  4. Satori, Djam’an & Aan Komariah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. ALVABETA, CV.
  5. Putra, Yudi Yunika & Rajab Vebrian. (2019). Literasi Matematika (Mathematichal Literacy) Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Yogyakarta. Deepublish.
  6. Muzaki, Ahmad & Masjudin (2019). Analisis kemampuanliterasi matematis siswa. Jurnal pendidikan matematika.