Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D models yang dimodifikasi. Model ini terdiri dari 4 tahap yakni define, design, develop dan dissiminate. Namun pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahapan dari 4-D models, yaitu tahap define, design, dan develop. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis kurikulum, dan analisis materi terkait permasalahan dalam pembelajaran matematika. Pada tahap design dilakukan perancangan menentukan langkah-langkah yang dilakukan dalam pengembangan soal tipe HOTS berdasarkan hasil analisis kebutuhan. Kemudian dilakukan evaluasi sendiri yang selanjutnya divalidasi oleh para ahli, selanjutnya dilakukan evaluasi perorangan terhadap 3 orang siswa dan evaluasi kelompok kecil terhadap 6 orang siswa untuk diuji praktikalitasnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa  soal HOTS yang dikembangkan telah valid dengan nilai rat-rata hasil validasi yaitu 75%. Nilai praktikalitas soal HOTS yang diperoleh dari angket respon siswa berada pada kategori sangat praktis yaitu 81%. Dapat disimpulkan bahwa soal HOTS yang dihasilkan sudah valid dan praktis.

Keywords

Pengembangan HOTS Literasi

Article Details

References

  1. Amir, A. (2014). kemampuan penalaran dan komunikasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 21.
  2. Betha Kurnia Suryapuspitarini, W. K. (2018). Analisis Soal-soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi siswa. PRISMA, 877.
  3. Dinni, H. N. (2018). HOTS dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 174.
  4. Nurva, M. S. (2018). Penerapan Model Learning Cycle "SE" Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Situjuah Batua. Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 15.
  5. Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa, 114.
  6. Riduwan, dkk.2015. Belajar Mudah Penelitian. Jakarta: Alfabeta
  7. Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D : Alfabeta
  8. Siswono, 2018, Pembelajaran Matematika Bebasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah
  9. Tim Penyusun.2013. Buku Panduang Penulisan Skripsi Prodi Matematika STKIP Ahlussunnah Bukittinggi
  10. Yunus Abidin, T. M. (2017). Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Akasara.
  11. Nugroho,2018. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Jakarta