Main Article Content

Abstract

Harapan pesatnya kemajuan pendidikan saat ini diharapkan pembelajaran dengan konvensional berupa guru yang aktif sedangkan siswa pasif mendengarkan tanpa berbuat, sudah tidak lagi relevan dengan dunia pendidikan saat ini, strategi pembelajaran bermunculan guna merubah perilaku tersebut. Pembelajaran dengan strategi Multi Level Learning (MLL) berbantuan CD pembelajaran penulis munculkan dalam penelitian ini, guna menambah serta melengkapi strategi yang telah ada.  Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa XII IPS 3 SMA Negeri 3 Brebes semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 sebagai berikut: Siklus I dengan materi integral  ”Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu” diperoleh rata-rata nilai keaktifan 75%, dan hasil belajar 63,9%. Dilanjutkan Siklus II dengan materi “Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana” diperoleh rata-rata nilai keaktifan 77,7%, dan hasil belajar 71,9%. Kemudian pada siklus III dengan materi ” Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah dibawah kurva” diperoleh rata-rata nilai keaktifan 78,8%, dan hasil belajar 75,9%, sehingga dari data ke tiga siklus tersebut di atas terjadi peningkatan nilai yang signifikan. Dari hasil yang telah dicapai pada siklus I, II, dan siklus III, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi MLL berbantuan CD pembelajaran dalam pembelajaran integral dapat meningkatkan keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa, sehingga strategi MLL berbantuan CD pembelajaran dapat menjadi salah satu referensi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar khususnya untuk mengubah pembelajaran yang tadinya siswa pasif menjadi aktif  dalam pembelajaran materi integral kelas XII tingkat SMA.

Keywords

Tuntas Belajar Strategi Multi Level Learning

Article Details

References

  1. Arikunto, S. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta:
  2. Penerbit Rineka Cipta.
  3. Ali, M. 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar.
  4. Bandung : Penerbit Sinar Baru Algensindo
  5. Dimyati, dan Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.
  6. Hidayat, MA. 2004. Teori Pembelajaran Matematika. Semarang: Program Pasca Sarjana UNNES
  7. Marpaung, Y. 2004. Reformasi Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Yayasan BP Basis No. 07-08. 2004.
  8. Madya, S. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan
  9. (Action Research).Bandung: Penerbit Alfa Beta.
  10. Masidjo, I. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
  11. Nurhadi, 2002. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Widiasana Indonesia.
  12. Nuriana, 2007. http://www.mathematic-jurnal. Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disk dalam Pembelajaran Matematik,. download 16 Maret 2007
  13. Riduan, 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Penerbit Alfabeta
  14. Sriyono, 1991. Tehnik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta : Rineka Cipta
  15. Saputra, A, 2003. Future Of Education (Masa Depan Pendidikan).
  16. Alih bahasa. Lucky Publishers, P.O. Box 238, Batam Centre.
  17. Silberman, M. 2001. Active Learning. Yogyakarta: Penerbit Yappendis.
  18. Sudjana, N dan Ulung Laksamana. 2004. Menyusun Karya Tulis Ilmiah Untuk Memperoleh Angka kredit, Bandung. Penerbit: Sinar Baru Algesindo.
  19. Sugiyono, 2002. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
  20. Sobel, M. 2004. Mengajar Matematika Sebuah Buku Sumber Alat
  21. Peraga, Aktivitas, dan Strategi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  22. Tim MKPBM Jurusan Matematika UPI. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Penerbit ITB Bandung.
  23. Tim Nuansa Aulia. 2005. Sistem Pedidikan Nasional (SISDIKNAS), Bandung: Penerbit CV Nuansa Aulia
  24. Winkel, W.S. 1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.
  25. Wijaya, A. 2005. Pemanfaatan Komputer sebagai Alat Bantu Pembelajaran Matematika di SMA. Yogyakarta: PPPG Matematika.