Main Article Content

Abstract

Pendidikan di Indonesia mulai mengalami perubahan aktivitas belajar semenjak adanya virus Covid-19. Pembelajaran tatap muka tergantikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Guru memanfaatkan berbagai macam platform agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Namun permasalahan-permasalahan selama PJJ ini semakin bermunculan, siswa kehilangan motivasi belajar, guru tidak dapat menggunakan platform pembelajaran dengan baik, sehingga menghambat pembelajaran dan berakhir dengan ketidakberhasilan siswa dalam belajar yang ditunjukkan dengan hasil ulangan siswa dibawah KKM. Oleh sebab itu, pemerintah membolehkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan, salah satunya yaitu dengan pengurangan jam pembelajaran di sekolah. Tentunya pengurangan jam pembelajaran berpengaruh terhadap penyampaian materi di kelas, sehingga perlu adanya evaluasi kemampuan pemahaman konsep untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi, tes, wawancara dan FGD untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tergolong ke dalam kategori sedang dengan rentang perolehan skor 67-75. Siswa berkemampuan tinggi memenuhi semua indikator, siswa berkemampuan sedang memenuhi 4 dari 7 indikator dan siswa berkemampuan rendah memenuhi 1 dari 7 indikator kemampuan pemahaman konsep

Article Details

References

  1. Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
  2. Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Jurnal jendela pendidikan. 01(02), 48–60.
  3. Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 9, 229–239. https://www.neliti.com/publications/317582/analisis-kemampuan-pemahaman-konsep-matematis-siswa-kelas-viii-smp-negeri-17-ken
  4. Ode, L., Aswat, H., Sari, E. R., Meliza, N., Buton, U. M., Ode, L., Aswat, H., & Meliza, N. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ( TMT ) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar Abstrak Eka Rosmitha Sari , Nur Meliza ISSN 2656-8071 ( . 3(6), 4400–4406.
  5. Saputri, R. A. (2021). SISTEM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTSN 1 ALOR, NUSA TENGGARA TIMUR PADA MATERI BENTUK DAN OPERASI PECAHAN ALJABAR (Mathematics Learning System in The Covid-19 Pandemic Time in MTSN 1 Alor, East Nusa Tenggara In Shape Materials a. THETA Journal Pendidikan MAtematika, 3(1), 33–40.
  6. Sintia, D. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SELAMA MASA COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS VII SMP N 1 TANJUNG EMAS. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.
  7. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.