Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) perubahan karakter peserta didik pada pembelajaran Matematika materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantu media Penyabar, 2) peningkatan pengetahuan materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantu media Penyabar, dan 3) peningkatan keterampilan materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantu media Penyabar bagi peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 10 Tegal Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini adalah: 1) adanya peningkatan nilai karakter peserta didik, ini dapat nilai karakter secara umum meningkat sebesar 0,68 dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari siklus 1 sebesar 1,72 dengan nilai Cukup (C) meningkat di siklus 2 menjadi 2,40 dengan nilai Baik (B), 2) Adanya peningkatan hasil tes pengetahuan materi Bangun Ruang Sisi Datar pada peserta didik, ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pengetahuan kondisi awal sebesar 58,67 meningkat pada siklus 1 menjadi 76,83 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 83,50, 3) Adanya peningkatan hasil tes keterampilan materi Bangun Ruang Sisi Datar pada peserta didik, ini dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata keterampilan siklus 1 sebesar 64,33 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 87,00.

Keywords

Bangun Ruang Sisi Datar Karakter Hasil belajar Student Facilitator and Explaining (SFAE)

Article Details

References

  1. Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  2. Baskoro, Edi Prio. 2008. Media Pembelajaran. Cirebon: Swagati Press.
  3. Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Perkasa Press.
  4. Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
  5. Hamid, Mustofa Abi dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
  6. Irham, Muhammad dan Wiyani, Novan Ardi. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
  7. Jihad, Asep dan Abdul Haris, 2008. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Multi Press.
  8. Khan. 2010. Pendidikan Karakter: Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
  9. Magdalena, Ina dkk. 2020. “Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan”. Jurnal Edukasi dan Sains Volume 2, Nomor 1, Juni 2020; 132-139 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
  10. Mumpuni, Atikah. 2018. Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
  11. Murfiah, Uum. 2017. Pembelajaran Terpadu (Teori&Praktik Terbaik di Sekolah. Bandung : PT Refika Aditama.
  12. Muslich, Mansur. 2010. Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Mustaqim, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  14. Panitia Sertifikasi Guru Rayon XII. 2011. Sertifikasi Guru Matematika SMP/MTs : Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru Dalam Jabatan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  15. Rahayu, Murti Puji. 2012. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Materi Ajar Buku Kreatif Berbahasa dan Bersatra Indonesia untuk SMP Kelas VII Terbitan Ganeca. Surakarta:UMS press.
  16. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
  17. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  18. Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  19. Suwanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah, dan Best Practice. Bojonegoro: Pustaka Intermedia.
  20. Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Konstruktivitik. Jakarta: Presentasi Pustaka.
  21. Winataputra,Udin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.