Main Article Content

Abstract





Matematika dianggap sebagai subjek yang sukar dan abstrak, bahkan matematika dianggap pelajaran yang mempolarisasi siswa. Pada beberapa penelitian Math City Map telah berhasil membuat siswa dapat menikmati dan memperoleh pengalaman dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi, perlu penelusuran informasi lebih lanjut berkaitan dengan penggunaan MathCityMap dalam pembelajaran matematika di berbagai tempat atau lokasi lainnya di manca negara. Penelitian ini dilakukan tujuan menjelaskan bagaimana pengalaman belajar guru dan peserta didik serta bagaimana hasil belajar matematika yang diperoleh dari penggunaan Aplikasi Math City Map dalam pembelajaran matematika di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR), meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Data dianalisis berdasarkan kriteria inklusi data, selanjutnya data diekstraksi, menghasilkan 13 studi. Hasil penelitian menunjukkan MathCityMap berhasil merancang dan menawarkan aktivitas yang menarik bagi siswa sehingga siswa dapat menikmati dan memperoleh pengalaman dalam belajar matematika. MathCityMap membantu pembelajaran matematika berlangsung secara otentik, serta menawarkan kepada guru cara yang berarti untuk membelajarkan matematika di lingkungan belajar terbuka dan di luar kelas.





Keywords

Praktik baik, pembelajaran matematika, math city map.

Article Details

References

  1. Barbosa, A., & Vale, I. (2020). Math trails through digital technology: An experience with pre-service teachers. Research on Outdoor STEM Education in the digiTal Age, 47.
  2. Baumann-Wehner, M., Gurjanow, I., Milicic, G., & Ludwig, M. (2020). Analysis of Student-Teacher Chat Communication during Outdoor Learning within the MCM Digital Classroom. Research on Outdoor STEM Education in the digiTal Age, 63.
  3. Botana, F., Kovács, Z., & Recio, T. (2020). Automatically augmented reality for outdoor mathematics. Research on Outdoor STEM Education in the digiTal Age, 71.
  4. Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2017). MathCityMap: Motivating students to engage in mathematics through a mobile app-supported math trail program. Universitätsbibliothek Dortmund.
  5. Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2018). Teaching and learning mathematics around the city supported by the use of digital technology. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(1), em1654.
  6. Gurjanow, I., Zender, J., & Ludwig, M. (2020, June). MathCityMap–Popularizing mathematics around the globe with math trails and smartphone. In Research on Outdoor STEM Education in the digital Age. Proceedings of the ROSETA Online Conference in June 2020 (pp. 103-110).
  7. Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13.
  8. Littell, J. H., Corcoran, J., & Pillai, V. (2008). Systematic reviews and meta-analysis. Oxford University Press.
  9. Ludwig, M., & Jesberg, J. (2015). Using mobile technology to provide outdoor modelling tasks-The MathCityMap-Project. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 2776-2781.
  10. Ma'ruf Al Ashari, I., Lubis, D. A., & Arianto, L. (2021). Pembelajaran Matematika Budaya (Etnomatematika) Berbantuan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 171-180.
  11. Setyaningrum, W., & Waryanto, N. H. (2018, March). Developing mathematics edutainment media for Android based on students’ understanding and interest: A teachers’ review. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012093). IOP Publishing.
  12. Sholihatun, A. D., Misdalina, M., & Jumroh, J. (2021). Pengembangan media pembelajaran bangun ruang sisi datar menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan PMRI. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 16(2).
  13. Yildiz, M. (2020). Developing Global Competencies Among Youth: Maps Math Media Project. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 39(1), 71-89.