Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan : (1) ada perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran STAD pada materi polinomial, dan (2) kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TGT lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran STAD pada peserta didik yang memiliki self efficacy tinggi maupun rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengans sel tak sama dilanjutkan dengan uji scehffe. Hasil penelitian : (1) ada perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran STAD pada materi polinomial, (2) kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TGT lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran STAD pada peserta didik yang memiliki self efficacy tinggi maupun peserta didik yang memiliki self-efficacy rendah.

Keywords

TGT STAD mathematical reasoning ability self-efficacy

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
  2. Huda, Miftahul. 2015. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu – Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  3. Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
  4. Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.
  5. Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan : Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta : Erlangga.
  6. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
  7. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : PT Tarsito.
  8. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.
  9. Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
  10. Susongko, Purwo. 2016. Penilaian Hasil Belajar. Tegal : Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.