Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Student Team Achievement Division Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Self-efficacy Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan : (1) ada perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran STAD pada materi polinomial, dan (2) kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TGT lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran STAD pada peserta didik yang memiliki self efficacy tinggi maupun rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengans sel tak sama dilanjutkan dengan uji scehffe. Hasil penelitian : (1) ada perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran STAD pada materi polinomial, (2) kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TGT lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran STAD pada peserta didik yang memiliki self efficacy tinggi maupun peserta didik yang memiliki self-efficacy rendah.
Article Details
References
Huda, Miftahul. 2015. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu – Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan : Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta : Erlangga.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : PT Tarsito.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Susongko, Purwo. 2016. Penilaian Hasil Belajar. Tegal : Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.