Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran ekspositori. (2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X ATPH SMK Negeri 1 Bulakamba tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 peserta didik yang terdiri dari kelas X ATPH 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X ATPH 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dua arah dan uji t satu pihak kanan dengan uji prasyarat analisis data adalah normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori.

Keywords

Keefektifan PBL Pemecahan Masalah Matematika

Article Details

References

  1. Afroni, Z., & Wijaya, M. B. R. (2013). Studi Komparasi antara Model Problem Based Learning dengan Model Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Praktik Pemesinan. Journal of Mechanical Engineering Learning, 2(2).
  2. Angkotasan, N. (2016). Keefektifan Model Problem-Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1).
  3. Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  4. Lestari, P. D., Dwijanto, D., & Hendikawati, P. (2016). Keefektifan Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).
  5. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.