Main Article Content

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif yang memadukan penggunaan media sosial didalam pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan media sosial dalam upaya peningkatan  kompetensi abad 21. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPS semester 2 SMA Negeri 3 Pemalang tahun pelajaran 2020/2021 sejumlah 142 siswa yang dibagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Sampel yang diambil 2 kelas yang selanjutnya dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif berbantuan media sosial, kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif. Pengambilan data dengan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Sebelum test diberikan ke anggota Sampel penelitian, terlebih dahulu diujikan kepada kelas ujicoba ke 21 siswa. Kemudian diuji validitas dan reliabilitas nya. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan media sosial terhadap kompetensi abad 21.

Keywords

Model Pembelajaran Kooperatif Media Sosial Kompetensi Abad 21

Article Details

References

  1. Hartono, B., Suniasih, N. W., & Wiarta, I. W. (2015). “Penerapan Pendekatan Ilmiah Berbasis Asesmen Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Sikap Spiritual”. MIMBAR PGSD Undiksha, 3 (1).
  2. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Chen, B., T. Bryer. (2012). “Investigating instructional strategies for using social media in formal and informal learning.” The International Review of Research in Open and Distributed Learning. 1 (13): 87–104.
  4. David Kurniawan. 2015. “Kelebihan Dan Kekurangan Instagram Dibandingkan Media Sosial Lainnya”. https://exrush.com/kelebihan-dan-kekurangan- instagram-dibandingkan-media-sosial-lainnya/. (3 November 2020).
  5. Eny Winaryati. 2018. “Penilaian Kompetensi Peserta didik Abad 21”. Makalah.
  6. Dalam: Seminar Nasional Edusainstek, Semarang.
  7. Galerinfo. 2018. “Pengertian Youtube, Fitur, Manfaat, Kekurangan, dan Kelebihannya”. https://www.galerinfo.com/pengertian-youtube/. (3 November 2020).
  8. Hartanto, AAT. 2010. Panduan Aplikasi Smartphone. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  9. Hengki Wijaya, Aris Munandar. 2018. “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial”. Jurnal JAFFRAY. 16 (2): 175-196, Makassar.
  10. Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-model Pembelajaran). Jakarta: Peningkatan Mutu SLTP.
  11. Isrok’atun, Amelia Rosmala, Bunga Sari Fatmawati. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  12. Kartika Mariskhana. 2018. “Dampak Media Sosial (Facebook) dan Gadget Terhadap Motivasi Belajar”. Jurnal Manajemen Informatika, AMIK Bina Sarana Informatika. 1 (16): 62-67. Bogor
  13. Masbadar. 2015. “Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp”. https://www.google.com/amp/s/masbadar.com/kelebihan-dan-kekurangan- whatsapp/. (3 November 2020).
  14. Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem).
  15. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.