Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melalui penerapan model learning cycle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi persamaan linear dua variabel bagi peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Miri kabupaten Sragen semester I tahun pelajaran 2021/2022. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Miri kabupaten Sragen. Subjek penelitian adalah kelas VIII B dengan jumlah peserta didik 26 orang. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu hasil rerata persentase motivasi belajar pada kondisi awal adalah 44,23% meningkat pada siklus I menjadi 64,42% dan siklus II menjadi 80,77%. Rata-rata hasil belajar kompetensi pengetahuan pada kondisi awal 68,85 dan ketuntasan klasikal 65,38%, meningkat pada Siklus I menjadi 70,96 dan ketuntasan klasikal 69,23% dan Siklus II rata-rata 72,69 dengan ketuntasan klasikal 76,92. Sedangkan rata-rata hasil belajar kompetensi keterampilan pada kondisi awal 65,42 dan ketuntasan klasikal 42,31%, pada Siklus I meningkat menjadi 73,58 dengan ketuntasan klasikal 65,38% dan pada Siklus II rata-rata menjadi 78,00 dengan ketuntasan klasikal 76,92%. Simpulan : penerapan model learning cycle dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi persamaan linear dua variabel pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Miri kabupaten Sragen semester I Tahun Pelajaran 2021/2022.

Keywords

model learning cycle, motivasi belajar, hasil belajar

Article Details

References

  1. As’ari, Abdur Rahman, dkk. 2017. Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
  3. Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressinso.
  4. Pinto, L.E. dkk. 2014. 95 Strategi Pengajaran. Jakarta: Indeks.
  5. Santoso. 2005. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.
  7. Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
  8. Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.