Penerapan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Linear Dua Variabel bagi Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 2 Miri Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melalui penerapan model learning cycle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi persamaan linear dua variabel bagi peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Miri kabupaten Sragen semester I tahun pelajaran 2021/2022. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Miri kabupaten Sragen. Subjek penelitian adalah kelas VIII B dengan jumlah peserta didik 26 orang. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu hasil rerata persentase motivasi belajar pada kondisi awal adalah 44,23% meningkat pada siklus I menjadi 64,42% dan siklus II menjadi 80,77%. Rata-rata hasil belajar kompetensi pengetahuan pada kondisi awal 68,85 dan ketuntasan klasikal 65,38%, meningkat pada Siklus I menjadi 70,96 dan ketuntasan klasikal 69,23% dan Siklus II rata-rata 72,69 dengan ketuntasan klasikal 76,92. Sedangkan rata-rata hasil belajar kompetensi keterampilan pada kondisi awal 65,42 dan ketuntasan klasikal 42,31%, pada Siklus I meningkat menjadi 73,58 dengan ketuntasan klasikal 65,38% dan pada Siklus II rata-rata menjadi 78,00 dengan ketuntasan klasikal 76,92%. Simpulan : penerapan model learning cycle dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi persamaan linear dua variabel pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Miri kabupaten Sragen semester I Tahun Pelajaran 2021/2022.
Article Details
References
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressinso.
Pinto, L.E. dkk. 2014. 95 Strategi Pengajaran. Jakarta: Indeks.
Santoso. 2005. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.