Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh interaksi edukatif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs. Raudlotut Tholibin Pangkah sebanyak 56 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah semua anggota populasi yaitu 56 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana.


Hasil penelitian menunjukan Interaksi Edukatif berpengaruh positif sebesar 57% terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Semakin baik interaksi edukatif yang dimiliki oleh peserta didik, maka semakin kuat dorongan dalamĀ  menyelesaikan soal cerita. Dorongan ini sangat diperlukan dan merupakan modal awal dalam menyelesaikan sebuah soal cerita yang kadang kadang sangat panjang.

Keywords

Interaksi Edukatif Soal Cerita

Article Details

References

  1. Agustina, Kartina. 2009.Pengertian Penalaran.Online. http://kartikagustina.blogspot.com/
  2. Alan, Asep. 2010. Indikator Penalaran Matematika. Online. http://asep-alan.blogspot.com/2011/12/indikator-penalaran-matematika.htm
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.
  4. Basukiyatno,dkk.2010.Filsafat Ilmu.Tegal:Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal.
  5. Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.
  6. Hasan, Iqbal.2009. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta : PT Bumi Aksara.
  7. .2010.Pokok-Pokok Materi Statistik 2 ( Statistik Inferensif).Jakarta : Bumi Aksara
  8. Jannah, Raodatul. 2008. Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya. Jogjakarta : Diva Press.
  9. Oktaviana, Erna. 2008. Pengaruh Sikap dan Kemampuan Penalaran terhadap Prrestasi Belajar Matematika Dengaan Strategi Pembelajaran Inkuiri.Penelitian. Tegal: Universitas PancasaktiTegal.
  10. Ponohardjo. 2008. PerencanaanPenelitianPendidikanMatematika. Tegal: BadanUniversitasPancasaktiTegal.
  11. Putri, Megawati Rosana. 2008. Pengaruh Kemampuan Penalaran dan Kecerdasan Emosional terhadapPrestasiBelajarMatematika. Penelitian. Tegal: Universitas PancasaktiTegal..
  12. Sardiman. 2008. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.
  13. Sari, Mei Erlana.2009. PengaruhKemampuan Numerik dan Interaksi EdukatifterhadapPrestasiBelajarMatematika. Penelitian. Tegal: Universitas PancasaktiTegal.
  14. Shadiq, Fajar. 2004. Pemecahan masalah, Penalaran, dan Komunkasimateri diklat instruktur/pengembang matematika SMA jenjang dasar. Yogyakarta: PPPGMatematika Yogyakarta
  15. Sudjana. 2005. MetodaStatistika. Bandung: Tarsito.
  16. Sugiyono. 2007. Statistik untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta.
  17. Susongko, Purwo.2010. Penilaian Prestasi Belajar. Tegal: Badan Universitas Pancasakti Tegal.