Desain Lembar Kerja Siswa Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa SMP

Main Article Content

Rani Sugiarni

Abstract

Salah satu sumber belajar yang sangat penting dalam pembelajaran di kelas adalah LKS (Lembar Kerja Siswa). LKS merupakan bahan ajar yang penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. Pembelajaran di kelas yang saat ini lebih mengutamakan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center) mendorong guru untuk mengembangkan LKS dalam pembelajaran mereka. Penggunaan LKS dapat meminimalkan kerja guru namun lebih mengaktifkan peran siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni pengembangan LKS berorientasi kemampuan berpikir kreatif pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan  atau Research and Development (RAD) dengan langkah-langkah menurut Sugiyono, adapun yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi Berpikir Kreatif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP. Subjek dalam penelitian ini Kelas VIII SMP Negeri semeseter II. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, LKS beserta soal tes kemampuan berpikir kreatif siswa, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa berorientasi kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sisi datar oleh ahli materi dinyatakan sangat layak, sedangkan oleh ahli bahasa dinyatakan layak, dari keefektifan hasil analisis pekerjaan siswa dengan menggunakan bahan ajar mengacu pada lembar kerja siswa dalam kategori baik dan sangat baik dan respon siswa terhadap LKS berorientasi kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sisi datar dinyatakan pada umumnya positif

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini, Nurika, Putri, dkk. (2016). PENGEMBANGAN PAKET NEKAMEDIA MATEMATIKA KURIKULUM 2013 MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP DI KOTA SURAKARTA. ISSN: 2339-1685. Vol.4, No.9.
Asyhari, dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni IAIN Raden Intan Lanpung. 5(1).
Budiarto, Eko. (2001). Biostatistik untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Buku Kedokteran EG.
Ekawati, S. & Sumaryatna. (2011). Pengembangan Instrumen Penelitian Pembelajaran Matematika SD/SMP. Yogyakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional
Hasbullah. (2006). Dasar-dasar ilmu Pendidikan. Jakarta: Raka Grafindo Persada.
Idris, Noriani. (2005). Pedagogi dalam Pendidikan Matematika. Kuala Lumpur: Lohprint SDN.BDH.
Masrurah, Hidayatal, Kuni. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik untuk Menilai Pengetahuan dan Keterampilan Praktikum Siswa SMK pada Konsep Koloid. Tesis: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Primyastanto, Mimit, dkk. (2018). Ekonomi Produksi Perikanan dan Kelautan Modern Teori dan Aplikasinya. Malang: UB Press.
Purwanto,Ngalim. (2011). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ramdhani, S., & Sugiarni, R. (2018). Meningkatkankemampuan Metafora Menggunakan Strategi React berbantuan Bahan Ajar Aljabar. Jurnal Analisa, 4(1), 10-15.
Risnawati, Amir, Zubaidah. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: aswaja Perisindo.
Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan inkuiri terbimbing berbasis mobile learning untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis matematis. Prisma, 8(1), 80-95.
Sugiarni, R., Inayah, S., & Suwarman, R. F. (2019). Student Worksheets For E-Learning Models Based On Environmental Projects On Geometry Topics In Spreading Literacy Culture.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidika. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trisna, Untung, Suwaji. (2008). Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif Pemecahannya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdaayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Viandy, Okta, Aditiya.(2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Ulang dengan Menggunakan Produk yang Lain Melalui Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Boulevard di Surabaya. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga,8(1).
Wijaya, Hengki. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.