Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran resitasi mencapai target 60%, (2) Mendeskripsikan ada perbedaan minat dan prestasi belajar matematika pada kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran resitasi dengan kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori, (3) Mendeskripsikan minat dan prestasi belajar matematika pada kelas yang diajar menggunakan metode pembelajaran resitasi lebih baik daripada kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini ada 309 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yang melibatkan 135 peserta didik sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar matematika yang telah teruji validitas dan reliabilitas dan tes prestasi belajar matematika yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, manova, dan uji -hotelling dengan taraf sigifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan metode pembelajaran resitasi mencapai target 60%, (2) Ada perbedaan minat dan prestasi belajar matematika pada kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran resitasi dengan kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori, (3) Minat dan prestasi belajar matematika pada kelas yang diajar menggunakan metode pembelajaran resitasi lebih baik daripada kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori.

Keywords

Keefektifan Metode Pembelajaran Resitasi Minat Prestasi Belajar Matematika

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
  2. Faturrahman, Ahmadi, dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
  3. Hamdayana, Jumanta. 2013. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter . Bogor : Ghalia Indonesia.
  4. Hardini, dan Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta : Familia.
  5. Hosman, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstualdalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
  6. Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosadakarya.
  7. Marianah, Eni. 2015. Keefektifan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester II MTs Asy-Syarifi’iyyah Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015 Untuk Materi Segitiga). Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.
  8. Nuharini, dan Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
  9. Ponoharjo. 2013. Penelitian Pendidikan Matematika. Tegal : Universitas Pancasakti Tegal.
  10. Setiani, dan Priansa. 2014. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
  11. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
  12. Sudjana, Nana. 2014. Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
  13. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
  14. Sundayana, Rostina. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.
  15. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabet.
  16. Surapranata, Sumarna. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung : Remaja Rosdakarya.
  17. Susongko, Purwo. 2013. Penilaian Hasil Belajar. Tegal : Universitas Pancasakti Tegal.
  18. . 2014. Pengantar Metodelogi Penelitian Pendidika. Tegal : Universitas Pancasakti Tegal.
  19. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Kencana.
  20. Zuriah, Nurul. 2009. Metodelogi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.