Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Puzzle Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle yang nilainya diatas 70 melampaui 43%, 2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle dengan model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII semester II SMP Negeri 4 Petarukan Kabupaten Pemalang 2016/2017 yang terdiri atas 287 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas 146 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Instrumen pengamatan dalam bentuk lembar pengamatan yang telah diuji validitas dan reliabilitas serta tes prestasi dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan.Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle yang nilainya diatas 70 melampaui 43%, 2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle dengan model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle lebih baik daripada model konvensional.
Article Details
References
Hadisutopo, 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Pembuatan Aplikasi Multimedia Khususnya Puzzle game pada Mata Kuliyah Multimedia.UNJ: Jakarta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar
Oktapiani, Pipin E.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika. Skripsi UniversitasPancasakti Tegal
Sudjana. 2002. “Metode Pembelajaran”. Bandung :Tarsito.
Sugiyono.2013. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: CV. Alfabet.
Susongko, Purwo.2016. Penilaian Hasil Belajar. Tegal : Mahardika