Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle yang nilainya diatas 70  melampaui 43%, 2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik  yang diajar  model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle dengan model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle lebih baik daripada  model pembelajaran konvensional.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII semester II SMP Negeri 4 Petarukan Kabupaten Pemalang 2016/2017 yang terdiri atas 287 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas 146 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Instrumen pengamatan dalam bentuk lembar pengamatan yang telah diuji validitas dan reliabilitas serta tes prestasi dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan.Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar  model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle yang nilainya diatas 70  melampaui 43%, 2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle dengan model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle lebih baik daripada  model konvensional.

Keywords

Jigsaw Puzzle Model Pembelajaran

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
  2. Hadisutopo, 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Pembuatan Aplikasi Multimedia Khususnya Puzzle game pada Mata Kuliyah Multimedia.UNJ: Jakarta
  3. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
  4. Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar
  5. Oktapiani, Pipin E.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika. Skripsi UniversitasPancasakti Tegal
  6. Sudjana. 2002. “Metode Pembelajaran”. Bandung :Tarsito.
  7. Sugiyono.2013. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: CV. Alfabet.
  8. Susongko, Purwo.2016. Penilaian Hasil Belajar. Tegal : Mahardika