Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together memenuhi KKM pada mata pelajaran matematika, 2) Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model pembelajaran ekspositori. Analisis data yang digunakan adalah uji–t satu pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together memenuhi KKM pada mata pelajaran matematika 2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model pembelajaran ekspositori dengan Fhit = 90,936 3)   prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari motivasi belajar tinggi dengan thitung = 1,674

Article Details

References

  1. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
  2. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
  3. Susongko, Purwo. 2016. Penilaian Hasil Belajar. Tegal : Universitas Pancasakti
  4. Tulus Tu’u. 2008. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : PT Grasindo
  5. Yenni, Rika Firma. 2016. “Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1 No 2.