Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Model Discovery Learning Melalui Tutor Sebaya Dengan Kartu Soal Pada Siswa Kelas X MIA-5 SMA N 1 Balapulang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Main Article Content

Takhuri Takhuri

Abstract

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi sistem persamaan linier tiga variabel model Discovery Learning melalui tutor sebaya dengan kartu soal pada siswa kelas X MIA-5 SMA Negeri 1 Balapulang Semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi sistem persamaan linier tiga variabel model Discovery Learning melalui tutor sebaya dengan kartu soal pada siswa kelas X MIA-5 SMA Negeri 1 Balapulang Semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-5 yang berjumlah 35 siswa 9 siswalaki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus di mana tiap siklusnya terdiri dari : 1) Planning, 2) Action, 3) Observation dan 4) Reflection. Hasil penerapan model Discovery Learning melalui tutor sebaya dengan kartu soal pada siswa kelas X MIA-5 SMA Negeri 1 Balapulang Semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 mengalami peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69% meningkat menjadi 82% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata kelas sebesar 71,20 meningkat menjadi 80,00 pada siklus II, sedangkan prosentase tuntas belajar klasikal pada siklus I sebesar 60% meningkat menjadi 86% pada siklus II.

Article Details

Section
Articles

References

Ali, Muhamad. 1993. Metode Penelitian Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Alwiyah Abdurrahman. 2005. Penulisan karya ilmiah.Bandung: Penerbit Kaifa
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta
Benyamin S Bloom, (2001). A Taxonomi for learning, teaching and assessmen New York : Longman, 2001New York : Longman.
Conny Semiawan. 1987. Keterampilan Proses. Jakarta : PT. Gramedia.
DePorter, Bobbi. 2000. Quantum Teaching. Boston: Allyn Bacon.
Elliot, Stephen N dkk (2000). Educational Psychology (Effective Teaching Effective Learning). Singapore: McGraw-Hill.
Furchan, Arief. (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, Oemar, 2006, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.
________2008, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.
_________, 2010, Psikologi Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hiebert, J. & Carpenter, T.. 1992. Learning and Teaching with Understanding. Dalam D Grouws (ed). Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning (hlm.65-70). New York: Macmillan Publishing Company.
Hisyam Zaini, Pembelajaran Dengan Metode Tutor Sebaya. 2001 (http://kusdiyono.wordpress.com)
Hudojo, H.. 2005. Strategi Belajar Mengajar Matematika. IKIP Malang
Ischak & Warji. 1987. Pengajaran Tutor Sebaya. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Johnson, D.W. & Johnson, R.T., 1994, Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning (3rd edition), Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
Megensen, Vernon, 1983, Innovative Abstracks 5, 25 National Institute for Staff and Organizational Development, University of Texas, Austin, Texas.
Meier, D. (2002). The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa.
Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM
Nurhadi, dkk. 2002. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang
Permendiknas No. 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Roscoe, R.D., & Chi, M.T.H. 2007. Understanding tutor learning: Knowledge building and knowledgetelling in peer tutors’ explaination and questions. Review of Education Research, 77 (4): 534-574.