Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Pada Siswa Kelas XII APHP 1 SMK Negeri 2 Slawi Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berangkat dari kenyataan di SMK Negeri 2 Slawi, pada materi Statistika, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII APHP 1 yang berjumlah 35 siswa belum mencapai hasil yang diharapkan.Penelitian ini difokuskan pada pertanyaan : “Apakah penerapan model Numbered Heads Together (NHT) mampu meningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa kelas XII APHP 1 SMK Negeri 2 Slawi semester gasal tahun pelajaran 2019/2020?”. Metode dalam pengumpulan data adalah teknik tes untuk nilai hasil belajar dan teknik observasi untuk merekam aktivitas siswa dalam pembelajaran. Dari hasil analisis data yang menggunakan deskripsi komparatif, dinyatakan : 1). Kondisi awal, bahwa daya serap klasikal yang merupakan hasil belajar seluruh siswa hanya mencapai 34,29% masih dibawah ketentuan yang telah ditetapkan 80% (kondisi ideal).2).Pada Siklus 1, daya serap klasikal mencapai sebesar68,57% masih dibawah ketuntasan klasikal. 3). Pada Siklus 2, daya serap klasikal mencapai 91,43 % berada diatas ketuntasan kelas yang telah ditetapkan 80%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas XII APHP 1 SMK Negeri 2 Slawi semester gasal tahun pelajaran 2019/2020.
Article Details
References
Azwar, Saifudin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006, Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dwiyatno. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Tarsito.
Hadis, Abdul. 2008. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Husain Alie, Nurhayati. 2013. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas X2 SMA Negeri 3 Gorontalo pada Materi Jarak pada Bangun Ruang”. Penelitian Tindakan Kelas.
http://lppm.ut.ac.id/htmpublikasi/11wwahyuni.html diakses 24 Februari 2013.
Ibrahim, H.Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa University Press.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.
Russeffendi. 1988. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Slameto. 2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta.
Slavin, Robert . 1995. Cooperative Learning. Massachusets: Allyn and Bacon.
Soedjadi. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dikti, Depdiknas.
Sudirman. 2004. Langkah Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.
Suhandari, Putri. 2013. Poetrysalju.blogspot.com. Diakses 30 November 2013.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1995. KamusBesar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.