Keefektifan Model Pembelajaran TTW Dengan Alat Peraga Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Main Article Content

Eka Pebri Nur Anita
Eleonora Dwi Wahyuningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran TTW dengan alat peraga, dengan model konvensional.      (2) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran TTW dengan alat peraga, lebih baik daripada model konvensional ditinjau dari gaya belajar visual. (3) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model konvensional, lebih baik daripada model pembelajaran TTW dengan alat peraga ditinjau dari gaya belajar auditori. (4) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran TTW dengan alat peraga, lebih baik daripada model konvensional ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri  Slawi Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random  sampling. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen dan dua kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar matematika yang telah teruji validitas reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya beda dan angket gaya belajar yang telah teruji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji anova(analisis ragam satu arah) dengan desain rancangan acak kelompok(RAK) dan uji t satu pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran TTW dengan alat peraga, dengan model konvensional. (2) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran TTW dengan alat peraga, lebih baik daripada model konvensional ditinjau dari gaya belajar visual. (3) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model konvensional, tidak lebih baik daripada model pembelajaran TTW dengan alat peraga ditinjau dari gaya belajar auditori. (4) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajarn TTW dengan alat peraga, lebih baik daripada model konvensional ditinjau dari gaya belajar kinestetik

Article Details

Section
Articles

References

Andriani, Durri dkk. 2013. Metode Penelitian. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara
Asdar, Abdul Rahmatul, Patmawati. 2015. “Efektifitas Penerapan Strategi TTW dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa “. Jurnal of Est. 1( 2), 73-85. Online. www.aji.net diunduh 16 maret 2017
Bobbi De Porter, dkk. 2014. Quantum Learning. Bandung: Kaifa
Dewi, Noviana, Mardiyana. 2016.” Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Think Pair Share pada Materi Operasi Aljabar Ditinjau dari Ketrampilan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jurnal of Est.4( 4), 432-443.Online.http://jurnal.fkip.uns.ac.id diunduh 16 maret 2017
Dimyati dan Mudjiono.2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia.
Hasan, M. Iqbal. 2009. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta : Bumi Aksara
Heryanto, Nar dkk. 2013. Statistika Pendidikan. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Junaidi. 2010. Titik Persentase Distribusi F untuk Probabilita = 0,05 .Online. http://junaidichaniago.wordpress.com diunduh 25 maret 2017
. 2010. Titik Persentase Distribusi t d.f. = 1 - 200. Online. http://junaidichaniago.wordpress.com diunduh 25 maret 2017
Kartana, Tri Jaka. 2011. Manajemen Pendidikan(Implementasi Pada Sekolah). Universitas Pancasakti Tegal.
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta : Mitra Cendikia.
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta
Oktarina, Siska Dwi. 2013. “Keefektifan penggunaan metode TTW pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal di SMP N 2 Adiwerna”. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal
Ponoharjo. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika . Tegal : FKIP Universitas Pancasakti.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik dalam Impleentasi Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta : Kencana
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana
Simbolon, Hotman. 2009. Statistika. Yogyakarta : Graha Ilmu
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar – Ruzz Media.
Soleh, Achmad Zanbar. 2005. Ilmu Statistika (pendekatan teoritis dan aplikatif disertai contoh penggunaan SPSS). Bandung : Rekayasa Sains
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung : PT. Tarsito Bandung
. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sudjono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. 2009. Jakarta : Rajawali Pers
Sumantri, Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Sundayana, Rostina. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta
Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
Susongko, Purwo. 2014. Penilaian Hasil Belajar. Tegal: Universitas Pancasakti.
. 2014. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Tegal: Universitas Pancasakti.
Syah, Darwyan, Supardi dan Aziz Hasibuan. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta : Kencana
Widiyanti, Teti. 2011. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Online. www.uin.ac.id diunduh 26 desember 2016
Zainuddin, M dan Masyhuri. 2008. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung : Resika Aditama