Main Article Content

Abstract

Prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tanjung masih banyak yang dibawah KKM, oleh sebab itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran agar peserta didik lebih aktif dan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Upaya yang ditempuh adalah dengan menerapkan model pembelajaran SFAE. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1)prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFAE dan model pembelajaran SFAE dengan media pembelajaran mencapai target. (2)ada perbedaanprestasi belajar matematikapeserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFAE, model pembelajaran SFAE dengan media pembelajaran dan model pembelajaran  konvensional. (3)ada perbedaan prestasi belajar matematikapeserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFAE, model pembelajaran SFAE dengan media pembelajaran dan model pembelajaran  konvensional ditinjau dari kemampuan awal. (4)model pembelajaran SFAE lebih efektif dibandingkan model pembelajaran SFAE dengan media pembelajaran dan model pembelajaran konvensional pada prestasi belajar matematika peserta didik ditinjau dari kemampuan awal.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3Tanjung Tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknikpurposing sampling dilanjutkan dengancluster random sampling.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa :(1)prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFAE dan model pembelajaran SFAE dengan media pembelajaran mencapai target. (2)ada perbedaanprestasi belajar matematikapeserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFAE, model pembelajaran SFAE dengan media pembelajaran dan model pembelajaran  konvensional. (3)ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFAE, model pembelajaran SFAE dengan media pembelajaran dan model pembelajaran  konvensional ditinjau dari kemampuan awal. (4)model pembelajaran SFAE dengan media pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran SFAE dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal tinggi maupun rendah.

Keywords

Student Facilitator And Explaining Media Pembelajaran Prestasi

Article Details

References

  1. Arikunto,Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
  2. ______. 2013.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Astuti, Siwi Puji. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Fisika. Online. Vol. 1, 13 halaman. http://eprints.uny.ac.id (10 Juni 2017)
  4. Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).Bandung: Yrama widya
  5. Destiniar. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Adobe Flash Player dan Infokus Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP PGRI 11 Palembang. Online. Vol. 9 (2), 6 halaman. http://independent.accademia.edu (10 Juni)
  6. Gaspers, Vincent. 2005. Teknik Analisis Dalam Penelitian Percobaan Jilid I. Bandung:Tarsito
  7. Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
  8. Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
  9. Kartana, Tri Jaka. 2011. Manajemen Pendidikan. Tegal:Universitas Pancasakti Tegal.
  10. Kurniasih, Imas., Sani, Berlin. 2015. Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
  11. Miftachudin, Budiono Riyadi. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Tutor Sebaya dalam pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Di Kebumen Tahun Pelajaran 2013/1014. Online. Vol. 3 (3), 9 halaman. http://jurnal.fkip.uns.ac.id (10 Juni)
  12. Noviya, Kiki Eka. 2014. “Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Ditinjau dari Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.
  13. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  14. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
  15. Sundayana, Rostina. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
  16. Suprijono, Agus. 2004. Cooperative Learaning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  17. Susongko, Purwo. 2015a. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Tegal: Badan Penerbit UPS.
  18. ______.2015b. Penilaian Hasil Belajar. Tegal: Badan Penerbit UPS.
  19. Yuliana, Andre Ida Sukma. 2015. “Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Pokok Segi Empat”. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.