Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanModel CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih efektif dari pada model konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan segi empat.Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Comal Kabupaten Pemalang semester II tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 253 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknikCluster Random sampling. Kelas VII A sebagai kelas uji coba, kelas VII E dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, kelas VII B dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.Metode pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Instrumen telah teruji validitas dan reabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji analisis varians multivariat satu arah  dan -Hotteling.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Model CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih efektif dari pada model konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Comal Kabupaten pemalang Tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan segi empat

Keywords

CTL Motivasi Prestasi

Article Details

References

  1. Anggoro, M. T., & dkk. (2007). Metode Penelitian (2nd ed., Vol. IV). (Syamsir, Ed.) Jakarta, Jawa Barat, Indonesia: Universitas Terbuka.
  2. Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: CV WACANA PRIMA.
  3. Kartana, T. J. (2011). Manajemen Pendidikan (Implementasi Pada Sekolah). Tegal, Jawa Tengah, Indonesia: Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal.
  4. Kartana, T. J. (2015). Profesi Dan Etika Guru. Tegal: Pustaka Rihama.
  5. Masfuad. (2016). Pedoman Penyusunan Skripsi. Tegal: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
  6. Sumiati, & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: CV WACANA PRIMA.
  7. Susongko, P. (2016). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. (M. A. Shidiq, Ed.) Tegal, Jawa Tengah, Indonesia: Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.
  8. Susongko, P. (2016). Penilaian Hasil Belajar. (M. A. Shidiq, Ed.) Tegal, Jawa Tengah, Indonesia: Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.