EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran Heuristik Vee dengan strategi pembelajaran ekspositori. 2) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran Heuristik Vee lebih baik dengan strategi pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis tinggi. 3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran Heuristik Vee lebih baik dengan strategi pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis rendah.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Suradadi tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dengan menetapkan taraf signifikansi 5% adalah uji anava dua arah, uji t satu pihak kanan, dan uji t satu pihak kiri, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Heuristik Vee lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.