Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengumpulan data yang digunakan dengan cara validasi, observasi, angket, wawancara dan tes. Validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan instrumen tes hasil pengembangan. Obvervasi, angket dan wawancara dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dari instrumen tersebut. Dari hasil pengukuran dihasilkan instrumen penelitian berbasis komputer cukup valid, praktis, dan efektif
Keywords
Lesson study
Realistik
Article Details
References
- Hough, Sue. 2007. Realistic Mathematics Education. Mathematics Teaching 203 : 34 – 38
- Prastowo, A. 2011. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
- Makong, Judah P. 2014. Teaching Functions Using a Realistic Mathematics Education Approach : A Theoretical Perspective. International Journal of Educational Science 7 : 653 – 662
- Mandur, K., I Wayan Sadra dan I Nengah Suprata. 2013. Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di kabupaten Manggarai. E-journal Program pascasarjana universitas Pendidikan Ganesha Volume 2.
- Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
- Van Den Heuvel-Panhuizen, Marja. 2003. The Didactical Use of Models in Realistic Mathematics Education : An Example From a Longitudinal Trajectory on Percentage. Educational Studies in Mathematics 54 : 9 -35
- Yazid, A. 2012. Pengembangan Perangkat pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Strategi TTW (Think-Talk-Write) Pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Primary Educational volume 1 No 1 halaman 32 – 37.