PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) adanya pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) adanya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) adanya pengaruh kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri se-Kecamatan Tegal Barat tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 820 peserta didik dari empat SMP Negeri. Sebagai sampel penelitian ini sebanyak 247 peserta didik yang diambil dengan teknik Proposional Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri se-Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal tahun ajaran 2016/2017, yaitu sebesar 25,35%, (2) ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri se-Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal tahun ajaran 2016/2017, yaitu sebesar 18,79%, dan (3) ada pengaruh kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri se-Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal tahun ajaran 2016/2017, yaitu sebesar 28,49%.