KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw memenuhi KKM. (2) mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dibanding dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran eksipositori. (3) mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih baik dibandingkan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran eksipositori ditinjau dari motivasi belajar. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX semester genap SMP Negeri 3 Kersana tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 177 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, kuisioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji one sample t-tes, t-tes pooled varian dan uji t-tes satu pihak kananyang sebelumnya dilakukan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw telah memenuhi KKM, (2) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dibanding dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran eksipositori, (3) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih baik dibandingkan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran eksipositori ditinjau dari motivasi belajar.