PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PELUANG MELALUI PEMBELAJARAN MARTIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XIIMIPA 5 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SMA NEGERI 3 TEGAL
Main Article Content
Abstract
Latarbelakang penelitian ini adalah adanya kenyataan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Hasil belajar rendah. Hal ini terlihat dari hasil ulangan harian materi sebelumnya yaitu materi Dimensi Tiga dengan KKM yang ditetapkan sebesar 75, prosentese siswa yang sudah mencapai KKM hanya sebesar 41,94% dan yang belum mencapai KKM sebesar 58,06% dengan nilai rata-rata 66,26. Keaktifan peserta didik masih rendah, , tidak semangat dalam proses pembelajaran, kurang terlibat dalam diskusi, enggan bertanya kepada guru maupun temannya, kurang percaya diri, takut menyatakan pendapat, tidak mau memecahkan masalah yang diberikan oleh guru, tidak menggunakan waktu secara efektif dalam menjalankan tugas, dan kurang serius dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan, apalagi soal-soal HOTS.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keaktifan peserta didk pada materi peluang melalui pembelajaran Martin, bagaimanakah peningkatan hasil belajar menggunakan pembelajaran Martin. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian sebagai berikut: Pada pertemuan ke-1 siklus I jumlah siswa yang memiliki nilai sangat baik dan baik sebanyak 13 orang, pada pertemuan ke-2 sebanyak 18 orang. Pada pertemuan ke-1 siklus II jumlah siswa yang memiliki nilai sangat baik dan baik sebanyak 24 orang, pada pertemuan ke-2 sebanyak 26 orang. Persentase peserta didik tuntas pertemuan ke-1 siklus I sebesar 45,16%, pertemuan ke-2 sebesar 54,84%, pertemuan ke-1 siklus II sebesar 77,42%, pertemuan ke-2 sebesar 87,1%. NilaiĀ rata-rata pertemua ke-1 siklus I sebesar 67,58, pertemuan ke-2 siklus I sebesar 71,94, pertemuan ke-1 siklus II sebesar 79,68, pertemuan ke-2 sebesar 83,23.