KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Main Article Content

Umi Afiatul Fitroh
Isnani
M. Shaefur Rokhman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran TS dengan Pendekatan realistik mencapai target, 2) keaktifan belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TS dengan Pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional, 3) prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan  model pembelajaran TS dengan Pendekatan realistik lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, 4) ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik menggunakan model pembelajaran TS dengan Pendekatan realistik dengan pembelajaran konvensional,5) keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TS dengan Pendekatan realistik lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.


Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 terdiri atas 9 kelas sebanyak 303 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik  kelas  VIII A dan VIII C sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII B dan VIII D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi, tes, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen telah teruji validitas dan reabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji analisis varians multivariat satu arah  dan τ^2-Hotteling.                                


Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran TS dengan Pendekatan realistik mencapai target, 2) keaktifan belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TS dengan Pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional, 3) prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TS dengan Pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional, 4) ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik menggunakan model pembelajaran TS dengan Pendekatan realistik dengan pembelajaran konvensional, 5) keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TS dengan Pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional

Article Details

Section
Articles