KEEFEKTIFAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DITINJAU DARI MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education dan modelpembelajaran Konvensional. (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik dengan minat belajar tinggi yang diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. (3) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik dengan minat belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional.Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Semester II SMP Negeri 18 Tegal tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 192 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 4 kelas dan masing-masing kelas terdiri dari 32 peserta didik, yaitu 2 kelas eksperimen (kelas C dan E), 2 kelas kontrol (kelas B dan D). Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, tes dan angket. Selanjutnya tes dan angket diuji cobakan pada kelas uji coba sehingga untuk tes diperoleh validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran, sedangkan untuk angket diperoleh validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji komparasi ganda metode scheffe dengan uji prasyarat analisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas.Dari hasil penelitian pada peserta didik kelas VII semester II SMP N 18 Tegal tahun pelajaran 2016/2017, dapat disimpulkan bahwa: (1)Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan model Realistic Mathematic Education dan model Konvensional pada materi pokok himpunan. (2) Prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model Realistic MathematicEducation lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan model Konvensional ditinjau dari minat belajar tinggi pada materi pokok himpunan. (3) Prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model Realistic Mathematic Education lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan model Konvensional ditinjau dari minat belajar rendah pada materi pokok himpunan.