KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A-MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Article Content

Ahmad Wildan Tamami
Tri Jaka Kartana
Rizqi Amaliyakh Sholikhakh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif make a-match terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Ulujami. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran make a-match, 2 kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan 1 kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji proporsi, uji anva dua arah dan uji komparasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) prestasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen mencapai KKM. (2)ada perbedaan prestasi  belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran make a-match dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran make a-match dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. (4) model pembelajaran kooperatif make a-match lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik ditinjau dari motivasi tinggi. (5) model pembelajaran kooperatif make a-match lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didikditinjau dari motivasi rendah

Article Details

Section
Articles