Main Article Content
Abstract
Pembelajaran matematika tidak hanya diajarkan untuk sekedar menghafal rumus-rumus matematika saja, akan tetapi peserta didik juga harus dapat menggunakan nalar yang logis untuk memecahkan permasalahan matematika. Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan peserta didik atau antar peserta didik itu sendiri. Oleh karena itu perlu digunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik dan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan keaktifan belajar peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh (1) kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (2) keaktifan belajar peserta didik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (3) kemampuan penalaran matematis dan keaktifan belajar peserta didik terhadap kemampuan menyelesaikan cerita.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester genap SMP N 7 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 191 peserta didik yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang diambil 3 kelas dari 8 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji prasyarat yaitu normalitas.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh (1) kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP N 7 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 72,1%. (2) keaktifan belajar peserta didik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP N 7 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 51,8%. (3) kemampuan penalaran matematis dan keaktifan belajar peserta didik terhadap kemampuan menyelesaikan cerita pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP N 7 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 81,8%