EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena beberapa permasalahan peserta didik yang berdampak pada keaktifan belajar peserta didik yang kurang aktif dan menyebabkan pada prestasi matematika peserta didik.Penelitian ini bertujuan : (1)membuktikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika pada peserta didik. (2)membuktikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik. (3)membuktikan ada perbedaan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematika pada peserta didik. (4)membuktikan keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematikapeserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STADberbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika pada peserta didik. (2)Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeSTAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik. (3)Ada perbedaan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematika pada peserta didik. (4)Keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematikapeserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional