KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Main Article Content

siti mulyawati
Suwandono Suwandono
muhammad saefur rohman

Abstract

Peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Talang masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami matematika karena dianggap pelajaran yang menakutkan. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi model pembelajaran yang menyanangkan. Upaya yang dapat digunakan adalah penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika.Penelitian ini bertujuan : (1) membuktikan apakah ada perbedaan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematikapeserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan model pembelajaran ekspositori. (2) membuktikan keefektifan model pembelajaranberbasis proyek (project based learning) dibanding dengan model pembelajaran ekspositoriterhadap komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Talang kabupaten Tegal. Jumlah populasi sebanyak 285 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari 161 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Instrument penelitian  yang digunakan adalah tes uraian untuk instrument tes komunikasi matematis dan tes pilihan ganda untuk instrumen tes prestasi belajar matematika. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji multivariate analysis of variance (MANOVA) dan uji  dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematikapeserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan model pembelajaran ekspositori. (2) Penerapan model pembelajaranberbasis proyek (project based learning) lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran ekspositoriterhadap komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika.

Article Details

Section
Articles