Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi berbantuan Alat Peraga Ular Tangga terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif  tidaknya model pembelajaran berdiferensiasi berbantuan alat peraga ular tangga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Tegal. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan menggunakan Cluster Sampling.


Adapun data diambil dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument test, terlebih dahulu instrument test diujikan kepada kelas ujicoba


Hasil penelitian menyatakan bahwa peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi berbantuan alat peraga ular tangga yang nilainya lebih dari 78 mencapai 70% dengan menggunakan perhitungan uji proporsi dan  dilanjutkan dengan perhitungan uji one sample t-test.


Selain itu penggunaan model pembelajaran berdiferensiasi berbantuan alat peraga ular tangga lebih baik daripada pembelajaran konvensional, diuji  dengan perhitungan uji t satu pihak kanan. Model pembelajaran berdiferensiasi berbantuan alat peraga dirasa cukup berpengaruh juga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan perhitungan uji paired sample t-test   dilanjutkan dengan perhitungan uji N-Gain diperoleh 3 siswa berkategori rendah, 25 siswa berkategori sedang, dan 3 siswa berkategori tinggi.


Saran kepada guru adalah hendaknya guru mampu memenuhi kebutuhan belajar setiap peserta didik yang beragam kemampuan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan dapat memotivasi peserta didik dnegan meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam pembelajaran, Saran untuk peserta didik adalah hendaknya peserta didik lebih antusias terhadap sesuatu yang disampaikan oleh guru dan lebih aktif dalam pembelajaran Matematika

Keywords

Model Pembelajaran Berdifferensiasi Kemampuan Problem Solving

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Astuti, Veni Widi. Juni 2021. Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas. Ayo Guru Berbagi. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/ pembelajaran-berdiferensiasi-dan-penerapannya-di-kelas/ (2 Januari 2023).
  3. Bendriyanti, Rita Prima, Citra Dewi, Ismi Nurhasanah. 2021. “Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa”. 2(6), 2527-6891.
  4. Dewi, Archy Suzanna, Isnani, Ahmadi, 2019, “Keefektifan Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Sikap Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”, 1(4), 7-11.
  5. Gunawan, Muhammad Ali. 2013. Statistika untuk Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: Parama Publishing.
  6. Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
  7. Hidayati, F., Isnani, L., &Susongko, P. 2017. Pengaruh Persepsi Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 1(1).
  8. Iskandar, Dedi. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021”. JPPI (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia). 2(1), 123-140.
  9. Lestari, Puji. 2017. “ Pengembangan Alat Peraga Ular Tangga Logaritma untuk Siswa SMK” Skripsi Universitas Muhammadiyah Purworejo.
  10. Logstone, Ann. Mei 2019. Pelajari Manfaat dan Kelemahan Pengajaran Diferensiasi di Sekolah. Online. Drafare. https://id.drafare.com/pelajari-manfaat-dan-kelemahan-pengajaran-diferensiasi-di-sekolah/. (2 Januari 2023).
  11. Marlina. 2019. “Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif”. Jakarta.
  12. Moningka, Clara. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi”. Jakarta. Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekhnologi. Cetakan 1.
  13. Mustami, Siska Sagita. 2020. Efektifitas Pembelajaran Melalui Whatsapp Grub terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.
  14. Novratilova, Diana, Nina Kadaritna, Lisa Tania. 2015. Efektivitas Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Menyimpulkan pada Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3(4), 782-794.
  15. N.S., Muh. Falah, 2018. Efektivitas Kombinasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan Make A Match terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Pokok Teorema Phytagoras Kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
  16. Octavia, Shilphy A. 2020. Model-model Pembelajaran. Sleman: Deepublish.
  17. Pambudi, Galih. Febuari 2022. Game Based Learning (Pembelajaran Berbasis Game). https://wartaguru.id/game-based-learning-pembelajaran-berbasis-game/. (10 Januari 2023).
  18. Pane, Rezeki Noris, Sorta Lumbantoruan, dan Sinta Darmeria Simanjuntak. 2022. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik”. Jurnal Multidisiplin Ilmu. 03(1), 173-180.
  19. Siregar Sofiyan. 2014. Statistik Piarametik untuk Penelitian Parametik. Jakarta : Bumi Aksara.
  20. Syarifuddin, Nurmi. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022”. Jago MIPA (Jurnal Pendidikan Matematika dan Ipa). 2(2), 93-102.
  21. Tomlinson, C. A. 2001. How to Differentiate Intruction in Mixed-Ability Classrooms 2^nd Ed.
  22. Waliyudin, Ahmadin, dan Annisah. 2022. “Peningkatan Kemampuan dan Potensi Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Intermediate Reading dengan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi ( PB )”. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). 10 (5), 4396-4402.
  23. Wulandari, Ade Sintia. 2022. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman”. Jurnal Pendidikan MIPA. 3(12), 682-689.