Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Polya di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil dari pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik matematika berbasis Problem Solving Polya pada materi penyajian data statistik. Penelitian ini termasuk dalam jenis pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian terdiri dari lima langkah: 1) Analysis; 2) Design; 3) Develop; 4) Implementation; 5) Evaluation. Penelitian ini menggunakan installed angket untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan LKPD berbasis problem solving polya. Penilaian validitas oleh validasi ahli materi, sedangkan penilaian praktikalitas oleh respon guru dan respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi mencapai 95,31% dengan kriteria “valid“, kemudian untuk hasil respon guru mencapai 92,36% dengan kriteria “sangat praktis“, dan hasil respon peserta didik mencapai 94,44% dengan kriteria “sangat praktis“.
Article Details
References
The ADDIE Approach. New York:
Springer.
Handayani. (2014). Keefektifan Auditory
Intellectually Repetition Berbantuan
LKPD. Jurnal Kreano, hal 3.
Kartana, T. J. (2014). Landasan dan Kontens
Pendidikan. Tegal: Universitas
Pancasakti Tegal.
Nofiyanti, D. W., & Ismono. (2015).
Pengembangan Lembar Kegiatan
Siswa Berorientasi Problem Based
Instruction (PBI) Untuk Melatihkan
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Pada Materi Pokok Laju Reaksi
Siswa Kelas XI SMAN 15 Surabaya.
UNESA Journal of Chemical
Education Vol.4, pp.172-179.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif
Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Yogyakarta: Diva Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Pendidikan KUantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutarto Hadi, R. (2014). Metode Pemecahan
Masalah Menurut Polya Untuk
Mengembangkan Kemampuan Siswa
Dalam Pemecahan Masalah
Matematis Di Sekolah Menengah
Pertama. EDU-MAT Jurnal
Pendidikan Matematika, Volume 2,
53-61.
Wandika, Y. A. (2018). Analisis
Kemampuan Problem Solving
Menurut Polya Berdasarkan Kategori
John Amalone Dalam Pokok Bahasan
Pecahan Pada Jekas Vii Smpit
Bustanul Ulum Lampung Tengah.
LAMPUNG TENGAH: UIN Raden
Intan Lampung Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan.