PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA BERBASIS PROBLEM SOLVING DI KELAS VII SMPN 2 LINTAU BUO UTARA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika materi penyajian data berbasis problem solving untuk siswa kelas VII SMPN 2 Lintau Buo Utara. Modul yang dikembangkan berdasarkan masalah-masalah yang ditemui di kelas VII yaitu masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal pemecahan masalah, ini dikarenkan siswa hanya memiliki satu buku sumber belajar. Oleh karena itu pengembangan modul ini ditujukan kepada siswa dan guru bertujuan untuk menunjang fasilitas belajar berupa sumber belajar untuk siswa dan guru. Diharapkan dengan adanya modul problem solving ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan penelitian pengembangan 4-D, tetapi penelitian ini hanya sampai 3 tahap yaitu, define, design dan develop. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari 3 orang validator yaitu 80,73% dan berada pada kategori valid sedangkan hasil praktikalitas yaitu 87,33% dan berada pada kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sudah valid dan praktis.
Article Details
References
Magdalena, W. (2016). Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mathematics.Iuntuk Mendukung Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan,1, 451-456.
Pradani, Lutvy,S., Nafi’a & Ilman, M(2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Kreano, 10, 112-118.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Priansa, Donni Juni. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, cv.
Puspa & Dewi, R. (2019). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) DItinjau dari Tahapan Pemecahan Masalah Polya. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardjoo. 2008. Hakekat dan Sejarah matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
Tim Penyusun. 2013. Buku PAnduan Penulisan Prodi Pendidikan Matematika STKIP Ahlussunnah. Bukittinggi.
Trianto. 2012. Model pembelajaran terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.