Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah
Main Article Content
Abstract
Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa melalui pembelajaran Problem Bases Learning pada materi Program Linear kelas X Boga 3 dan Kecantikan 2 di SMK Negeri 6 Semarang adalah tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre and Posttest Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling dan terpilih kelas X Boga 3 sebagai kelas eksperimen dan X Kecantikan 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Perbedaan rata-rata nilai kemampuan literasi matematis siwa kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan menunjukkan peningkatan sebesar 20,3 poin ( dari 58 menjadi 78,3 ). Hasil uji t pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa t_hitung=3,789 lebih besar dari t_tabel dengan derajat kebebasan 66, yaitu 1,668. Oleh karena itu H_0 atau hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata kemampuan literasi matematis siswa kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah.
Article Details
References
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran. 1, 364–370.
Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. 1, 170–176.
Dzulfikar, A., Asikin, M., & Hendikawati, P. (2012). Keefektifan Problem Based Learning Dan Model Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–6.
Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720.
Nasrulloh, M. F., & Nurlia, Z. (2021). The Effect of the Implementation of Problem-Based Learning Models on the Mathematical Literacy Ability of Grade 7^th Student’s. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 10(2), 117. https://doi.org/10.24235/eduma.v10i2.8564
Nurhayati, N., Angraeni, L., & Wahyudi, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Edusains, 11(1), 12–20. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.7464
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). In OECD Publishing.
PISA, O. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Sriwahyuni, A., Rahmatudin, J., & Hidayat, R. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI. 1(2), 1–7.
Tambunan, H. (2021). Dampak Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Resiliensi, Literasi Matematis dan Prestasi Matematika Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(2), 70–76.
Trilani, S. S., Sudihartinih, E., & ... (2022). Peningkatan Literasi Matematis Melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Teorema Pythagoras. Prosiding Seminar …, November, 132–138. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3337%0Ahttp://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/download/3337/1756
Utaminingsih, R., & Subanji, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Pada Materi Program Linear Dalam Pembelajaran Daring. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5656