Penerapan Discovery Learning Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK
Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMK. Penelitian ini dilaksanakan melalui pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning berbantuan GeoGebra pada submateri volume benda putar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TEDK 1 SMK Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2022/23. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada setiap siklus. Persentase kemampuan representasi matematis pada pra siklus adalah 65,66%, 76,85% pada siklus I dan 84,57% pada siklus II. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis sebesar 18,90%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan GeoGebra pada submateri volume benda putar mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMK.
Article Details
References
Diba, S. F., Bharata, H., & Widyastuti. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(3), 236–247.
Harahap, T. H. (2015). Penerapan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. EduTech, 1(1).
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27
Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Educational Technology and Society, 10(2), 191–212.
Kania, N. (2018). Software Geogebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis pada Materi Graf. THEOREMS, 3(1), 22–31.
Kusumaningsih, W., & Marta, R. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1247
Nurdin Muhamad. (2013). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), 75–90.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Syafri, F. S. (2017). Pengaruh kemampuan representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(May), 49–55.
Yadi, H. F., & Nirwana, H. (2023). Discovery Learning Sebagai Teori Belajar Populer Lanjutan. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 234–245.